Apa itu penyakit Gerd? Dan Gejalanya, Cari Tahu Bersama SehatQ.com


Apakah Anda tahu Apa itu penyakit gerd? GERD atau Gastroesophageal Reflux Disease merupakan penyakit kronis yang terjadi pada sistem pencernaan. Kondisi ini biasanya terjadi ketika lambung naik ke kerongkongan lebih dari dua kali dalam seminggu. Penyakit ini tentu sangat mengganggu kenyamanan pendetanya mengingat penderita akan mengalami bau mulut, sulit menelan, batuk, nyeri dada, gangguan pencernaan hingga sakit tenggorokan. 

Tak sedikit orang yang sulit mengidentifikasi penyebab GERD, karena ketidaktahuan mereka mengenai penyakit ini. Padahal jika dibiarkan, penyakit diare dapat menimbulkan dampak berbahaya bagi tubuh seperti esofagitis atau peradangan kerongkongan, tukak esofagus atau kerusakan pada lapisan esofagus, penyempitan esofagus hingga kerusakan gigi.

Gejala Penyakit GERD 

Sebelum terjadi komplikasi yang lebih parah, ada baiknya Anda mengetahui gejala penyakit GERD agar bisa diidentifikasi sejak dini dan mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat. Gejala yang paling umum terjadi ketika asam lambung naik yaitu rasa pahit atau asam di mulut. Penderita juga bisa merasakan sensasi nyeri atau panas terbakar pada ulu hati dan dada.

Kedua gejala tersebut semakin parah ketika penderita berbaring, membungkuk dan setelah makan. Adapun berikut ini merupakan beberapa gejala penyakit GERD lainnya yang perlu Anda ketahui, di antaranya yaitu:

  • Sistem pernapasan terganggu seperti sesak nafas dan batuk-batuk. Penderita GERD yang juga memiliki penyakit asma biasanya sering sesak nafas
  • Penderita merasakan benjolan di tenggorokan dan mereka kesulitan menelan
  • Mual mual dan muntah
  • Tenggorokan terasa sakit
  • Suara serak
  • Tanpa disadari, terkadang isi lambung keluar
  • Sulit tidur atau gangguan tidur
  • Gigi cepat rusak karena terkena asam lambung
  • Mulut bau

Tak sedikit yang mengira bahwa gejala GERD sama seperti serangan jantung, mengingat keduanya sama-sama menimbulkan nyeri pada ulu hati dan di dada. Namun hal ini bisa dibedakan, di mana nyeri dada atau ulu hati pada serangan jantung dirasakan setelah melakukan kegiatan fisik serta dapat menjalar ke leher, lengan atau rahang.

Sedangkan nyeri lada atau ulu hati pada penyakit GERD disertai dengan adanya rasa asam pada mulut dan tidak berhubungan dengan kegiatan fisik serta tidak menyebar ke leher atau lengan. Gejala GERD yang satu ini akan semakin parah ketika penderita berbaring

Kapan Harus Periksa ke Dokter?

Setelah merasakan gejala-gejala tersebut, ada baiknya Anda langsung pergi ke dokter untuk periksa atau berkonsultasi. Apalagi jika gejala yang Anda rasakan sudah gejala GERD kronis dan muncul setiap hari. 

Setiap orang memiliki kondisi tubuh yang berbeda hal tersebutlah yang membuat gejala yang dialami setiap penderita tidak sama. Anda bisa selalu berkonsultasi dan memeriksa diri ketika merasakan gejala penyakit agar mendapatkan penanganan terbaik.

Itulah beberapa hal mengenai penyakit GERD yang bisa Anda ketahui, mulai dari gejala hingga waktu yang tepat untuk memeriksakan diri ke dokter. Penyakit ini tentu tidak bisa dianggap remeh, karena bisa menimbulkan komplikasi yang lebih parah.

Untuk mengetahui informasi mengenai penyakit GERD dan direktori penyakit, Anda bisa mengunjungi situs SehatQ.com. Platform tersebut membantu Anda untuk mengelola kesehatan Anda dan keluarga dengan informasi seputar kesehatan yang kredibel serta berbagai fitur lainnya, seperti tukar informasi kesehatan, menghubungkan pasien dengan tenaga medis atau layanan kesehatan, tanya dokter, toko kesehatan, obat hingga cari rumah sakit.

Belum ada Komentar untuk "Apa itu penyakit Gerd? Dan Gejalanya, Cari Tahu Bersama SehatQ.com"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel