Obat Generik & Paten Asam Lambung

Obat Generik & Paten Asam Lambung – Sedang mencari informasi tentang obat generik atau paten yang berkhasiat mengobati asam lambung tinggi ?? Disini tempat yang tepat, karena saya sekarang memberitahu anda macam-macam Obat Generik & Paten Asam Lambung yang biasa dijual di apotik. Langsung saja berikut penjelasannya dibawah ini :

Obat Generik & Paten Asam Lambung

Asam lambung tinggi merupakan salah satu permasalahan kesehatan yang sangat umum dan sering terjadi di masyarakat. Penyebabnya tidak lain dan tidak bukan ialah karena asupan makanan yang kurang baik serta pola makan yang tidak teratur.

Bagi yang menderita asam lambung tinggi, nafsu makan hilang, sensasi dada terbakar serta perih di lambung pastinya sering anda rasakan. Benar begitu bukan ?? Untuk mencegah dan mengatasinya, dua jenis obat yang biasa dijual di apotik yaitu paten dan generik masih menjadi solusi alternatif pertama.

Hal ini disebabkan obat paten dan generik lebih murah didapat karena tersedia di semua apotik dan toko-toko obat lainnya. Tidak hanya itu saja, kedua jenis obat ini juga sangatlah murah harganya. Namun anda juga tahu sendiri bahwa dibanding dengan paten, generik lebih murah.

Kenapa generik lebih murah dibanding dengan paten ?? Anda yang sekolahnya jurusan farmasi pastinya tahu apa alasannya. Ya benarr,, generik bisa lebih murah karena masa paten terhadap obat tersebut sudah habis sehingga semua perusahaan farmasi bisa memproduksi obat tersebut tanpa harus membayar uang royaliti.

Lalu apa saja nama-nama dari obat generik dan paten asam lambung ??

Tadi anda sudah tahu apa penyebabnya obat generik bisa lebih murah dibanding dengan obat paten, dan sekarang saya akan menginformasikan kepada anda macam-macam obat generik & paten asam lambung yang biasa dijual di apotik.

Obat generik dulu ya, berikut penjelasannya dibawah ini :

1. Lansoprazole

Obat generik asam lambung yang pertama ialah Lansoprazole yang termasuk kedalam golongan obat proton pump inhibitor. Obat yang satu ini terbukti dapat membantu meredakan masalah sakit maag dan tukak lambung karena memiliki khasiat utama dalam dalam mengatasi produksi pada cairan asam lambung yang berlebihan.

Namun untuk anda yang berniat membeli obat Lansoprazole ini harus menggunakan resep dokter alias tidak bisa dibeli sembarangan. Jadi mau tidak mau anda harus berkonsultasi terlebih dahulu perihal kesehatan lambung anda tersebut.

Selain itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penggunaan obat asam lambung Lansoprazole, diantaranya :

  • Lansoprazole jangan dikonsumsi pada orang yang sedang hamil atau masih dalam perencanaan hamil
  • Lansoprazole jangan dikonsumsi oleh ibu yang sedang menyusui
  • Lansoprazole jangan dikonsumsi oleh penderita gangguan hati

Meskipun menggunakan resep dokter, namun penggunaan obat Lansoprazole dalam jangka waktu yang panjang dapat menimbulkan efek samping yang cukup serius yaitu : diare yang hebat, sakit perut, mual dan perut kembung, konstipasi, lieur dan yang lebih parahnya lagi resiko keretakan tulang meningkat.

2. Omeprazole

Obat generik asam lambung yang kedua adalah omeprazole. Obat yang satu ini tersedia dalam berbagai macam atau bentuk yaitu : kapsul, tablet, injeski atau cairan suntik dan masih banyak lagi. Obat omeprazole biasa digunakan ketika masalah asam lambung seseorang sedang kambuh karena khasiatnya yang terbukti dapat membantu menurunkan kadar asam lambung tinggi.

Seperti dengan lansoprazole, omeprazole juga harus menggunakan resep dokter jika ingin memesan dan mengkonsumsinya. Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan jika akan mengkonsumsi omeprazole, diantaranya :

  • Jangan mengkonsumsi omeprazole jika sedang mengalami gangguan pada tulang dan kekurangan protein
  • Omeprazole juga tidak boleh dikonsumsi oleh anak-anak
  • Jangan melanjutkan untuk mengkonsumsi omeprazole jika berat badan anda turun tanpa sebab, mengalami pendarahan serta sulit menelan.

Efek samping yang ditimbulkan obat generik asam lambung omeprazole ini seperti halnya lansoprazole yaitu : sakit kepala, nafsu makan turun, sakit tenggorokan, sakit perut dan diare, serta lieur.

3. Ranitidin

Obat generik yang biasa digunakan untuk membantu mengatasi masalah asam lambung kambuh lainnya ialah ranitidin. Obat yang satu ini memiliki beberapa jenis dan bentuk, yaitu : pil, sirup dan cairan suntik. Khasiat utama yang dimiliki obat generik ini ialah membantu menurunkan produksi asam lambung, mengurangi nyeri pada ulu hati, mengatasi tukak lambung serta asam lambung tinggi.

Meskipun mudah didapat dipasaran, namun obat generik ranitidin ini harus dikonsumsi berdasarkan resep dokter. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika akan mengkonsumsi ini obat, diantaranya :

  • Jangan mengkonsumsi ranitidin ketika sedang hamil dan menyusui
  • Jangan mengkonsumsi ranitidin jika punya masalah ginjal
  • Jangan mengkonsumsi ranitidin jika mengalami penurun berat badan tak jelas, mual dan muntah serta sulit menelan

Efek samping yang biasa ditimbulkan oleh obat asam lambung generik ini ialah sakit lieur kepala, sulit menelan, urin berwarna keruh serta sakit perut.

Itulah tadi beberapa obat generik yang biasa tersedia di apotik. Dan untuk obat paten asam lambung nya sendiri, anda bisa langsung mendatangi apotik-apotik terdekat dan menanyakan nama obat paten asam lambung itu apa. Atau jika anda mengunjungi dokter, biasanya obat yang dikasihkan ke anda itu merupakan obat paten.

Obat Generik & Paten Asam Lambung – Mungkin sampai disini saja penjelasan dari saya mengenai obat generik paten asam lambung. Jika bermanfaat tolong di share agar keluarga, sahabat serta kerabat dekat anda bisa mengetahuinya juga 😉

Baca Juga : Obat Asam Lambung

Obat Generik & Paten Asam Lambung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *