Biaya Dan Efek Samping Operasi Mata Katarak

Berencana untuk melakukan operasi mata katarak, baik menggunakan laser atau operasi biasa ?? Sebelum benar-benar melakukannya, lebih baik simak dulu artikel tentang Biaya Dan Efek Samping Operasi Mata Katarak berikut ini :

Biaya Dan Efek Samping Operasi Mata Katarak

Katarak merupakan salah satu gangguan pada mata yang sangat di takuti oleh semua orang. Mula-mual katarak akan menyebabkan pandangan menjadi seperti berkabut atau ada asap, lalu lama kelamaan karna tidak ditangani dengan pengobatan yang tepat, penderita katarak akan kehilangan kemampuannya untuk melihat atau mengalami kebutaan.

Mengerikan sekali bukan ?? Penyakit mata yang satu ini bisa terjadi dikedua mata atau salah satunya. Jika katarak timbul di mata kanan misalnya, maka katara tersebut tidak akan menyebar kebagian mata sebelah kiri. Gejala awal penyakit katarak yang membuat pandangan seperti ada kabut atau berasap ini karna lensa mata dipenuhi dengan selaput yang secara perlahan menutupi seluruh lensa.

Sebagian besar, pasien penderita penyakit katarak ialah dia yang sudah berumur sekitar 40 sampai 50 tahunan. Meskipun begitu, ada juga anak-anak atau bahkan bayi yang baru lahir sudah menderita katarak. Selain itu juga, faktor lainnya yang beresiko membuat seseorang menderita katarak ialah kurang menjaga kesehatan mata.

Sampai saat ini, pengobatan yang sering dijalankan oleh para penderita katarak ialah metode pengobatan operasi. Selain karna ketidaktahuan bahwa sebenarnya ada pengobatan katarak selain dengan cara operasi, para penderita katarak tersebut menginginkan pengobatan yang instan. Padahal, pengobatan katarak yang instan tersebut yaitu operasi selain mahal harganya juga menimbulkan resiko efek samping yang cukup tinggi.

Berapa Biaya Yang Harus Dibayar Untuk Sekali Operasi Katarak ??

Disurvei dari beberapa web yang ada di mesin pencarian google, biaya yang diperlukan untuk melakukan operasi mata katarak berkisar antara 10.000.000 sampai dengan 35.000.000. Harga tersebut belum lagi ditambah dengan beberapa biaya lainnya seperti biaya sewa kamar selama di rumah sakit, perawatan, biaya obat-obatan yang harus dibeli untuk selama pengobatan pasca operasi dan masih banyak lagi.

Meskipun menggunakan kartu kesehatan Indonesia bernama BPJS, biaya operasi mata katarak tetap saja mahal untuk orang-orang yang kurang mampu. Untuk itu, bagi anda yang berniat untuk melakukan operasi mata katarak di rumah sakit ternama seperti RSCM, RS AINI, RS CICENDO, Klinik Mata Nusantra serta tempat penyedia operasi mata lainnya, cobalah pikirkan sekali lagi.

Selain biayanya yang tidak sedikit, melakukan operasi terhadap mata katarak juga menimbulkan efek samping yang cukup berbahaya bagi kesehatan di kemudian hari. Efek samping tersebut diantaranya :

  • Infeksi
    Ini terjadi apabila pada saat menjalankan prosedur operasi terhadap mata katarak, dokter yang menanganinya menggunakan alat-alat yang tidak steril. Sehingga bukannya menyembuhkan malah semakin parah akibat infeksi.
  • Pendarahan
    Efek samping yang satu ini terjadi ketika penempatan pembuluh darah di sekitar mata yang tadinya di potong pada saat menjalankan operasi katarak kurang tepat, sehingga menyebabkan pendarahan di mata.
  • Astigmatisme
    Adalah gangguan penglihatan yang diakibatkan cacatnya lengkungan lensa atau kornea yang menyebabkan pandangan menjadi kabur. Ini juga terjadi ketika melakukan operasi mata katarak.
  • Kornea Mengalami Pembengkakan
    Ini juga akan membuat penglihatan menjadi kabur. Membengkaknya kornea, diakibatkan oleh respon dari mata ketika alat-alat operasi dimasukan kedalam mata. Reaksi ini biasanya akan dirasakan oleh pasien ketika beberapa jam setelah operasi.
  • Glaukoma
    Adalah salah satu resiko atau bahaya yang ditimbulkan operasi katarak. Glaukoma akibat operasi mata katarak ini terjadi ketika cairan yang digunakan selama operasi berlangsung, tidak melalui proses pengeringan terlebih dahulu sehingga timbul tekanan dibagian mata yang ditandai dengan kepala dan mata sakit.
  • Ablasio Retina
    Merupakan kondisi dimana retina terlepas dari jaringan penyokong dibawahnya. Penyakit ini akan beresiko lebih tinggi ketika menjalankan operasi katarak. Selain itu, operasi katarak dengan laser juga menyebabkan penderitanya mengalami detasemen retina lebih besar.

Itulah tadi beberapa efek samping bahaya yang akan terjadi jika menjalankan operasi terhadap mata katarak. Bagaimana ?? Dengan informasi tentang harga dan efek samping akibat operasi katarak diatas masih membuat anda ingin menjalankan pengobatan yang berbahaya tersebut ?? Saya tidak akan menjalankannya jika jadi anda.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan mengenai Biaya Dan Efek Samping Operasi Mata Katarak. Semoga bermanfaat dan salam sehat. 🙂

Sort by Rumah Herbal

Biaya Dan Efek Samping Operasi Mata Katarak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *