8 Cara Perawatan Amandel Di Rumah

Anda berada di situs rumahherbal.web.id yang menyediakan informasi tentang 8 cara perawatan amandel di rumah, simak lebih lanjut hingga akhir pembahasan ya. Sehingga anda bisa dengan mudah mendapatkan berbagai tips dan 8 cara perwatan amandel di rumah bagi anak-anak dan orang dewasa.

8 Cara Perawatan Amandel Di Rumah

8 Cara Perawatan Amandel Di Rumah

Amandel dan kelenjar gondok terdiri dari jaringan yang mirip dengan kelenjar getah bening atau kelenjar. Tonsilitis akut adalah infeksi pada amandel yang disebabkan oleh salah satu dari beberapa jenis bakteri atau virus. Sedangkan tonsilitis kronis adalah infeksi amandel yang persisten dan dapat menyebabkan pembentukan batu amandel.

Sebelum lebih jauh membahas tentang 8 cara perawatan amandel di rumah, Baiknya anda memahami beberapa tanda dan gejala amandel atau adenoid meliputi :

  1. Sakit tenggorokan
  2. Demam
  3. Bau mulut
  4. Kesulitan menelan
  5. Kelenjar kelenjar bengkak di depan leher

Ketika ada sakit tenggorokan dan gejala dingin seperti tersumbat, pilek, bersin , dan batuk , penyebabnya kemungkinan besar adalah virus. Infeksi virus pada amandel atau kelenjar gondok biasanya hilang tanpa pengobatan dalam dua minggu.

Sakit tenggorokan dengan demam ringan mendadak, tanpa gejala infeksi saluran pernapasan atas , dapat menunjukkan infeksi bakteri. Jika gejala-gejala ini hadir, temui dokter untuk diagnosis karena risiko radang tenggorokan . Meskipun radang tenggorokan biasanya akan hilang bahkan tanpa pengobatan, infeksi radang yang tidak diobati dapat menyebabkan komplikasi termasuk demam rematik , yang dapat merusak jantung secara permanen.

Apakah tonsilitis menular?

Tonsilitis mungkin atau mungkin tidak menular , tergantung pada penyebabnya. Jika penyebabnya adalah virus, itu biasanya menular, tetapi ini tergantung pada apakah seseorang telah terkena virus tertentu sebelumnya. Mononucleosis , penyebab virus sakit tenggorokan, menular pertama kali seseorang terkena virus, biasanya di masa kanak-kanak atau remaja.

Jika penyebab tonsilitis adalah bakteri, itu juga menular. Misalnya, radang tenggorokan sangat menular. Jika tonsilitis dan adenoid membesar yang kronis atau disebabkan oleh kondisi kronis, seperti sinusitis , demam atau rinitis kronis , kemungkinan tidak menular.

Pengobatan Radang Amandel / Tonsilitis

Infeksi bakteri amandel dan adenoid diobati dengan berbagai antibiotik. Tonsilitis yang disebabkan oleh bakteri Streptococcus dapat menyebabkan komplikasi serius. Begitu pengobatan dimulai, penting untuk mengambil seluruh antibiotik sebagaimana yang ditentukan karena jika Anda berhenti mengonsumsi obat – obatan sebelum mereka selesai, itu dapat menyebabkan konsekuensi yang merugikan dan pertumbuhan kembali bakteri. Operasi pengangkatan dianggap dalam situasi yang resisten terhadap terapi medis atau infeksi yang sering berulang.

Selain dengan menggunakan 8 cara perawatan amandel di rumah, anda juga bisa memilih berbagai jenis obat amandel yang telah di resepkan dokter, obat herbal atau obat diapotik. Viral penyebab tonsilitis atau kelenjar gondok yang membesar sering diobati hanya dengan perawatan suportif (hidrasi dan kontrol demam). Antibiotik tidak efektif untuk infeksi virus pada amandel.

Abses peritonsiler harus dikeringkan baik dengan membuang cairan dengan jarum dan syringe (aspirasi jarum), memotong terbuka dengan pisau bedah (sayatan), atau tonsilektomi. Batu kronis pada amandel dapat diangkat dengan jari bersih atau dengan probe tumpul. Pembesaran amandel dan adenoid yang besar menyebabkan obstruksi jalan napas dapat diobati dengan antibiotik jangka panjang, atau bahkan steroid singkat untuk mengurangi peradangan (obat yang berhubungan dengan kortison, seperti prednison dan prednisolon).

8 Cara Perawatan Amandel Di Rumah

Jika seorang dokter telah mendiagnosis tonsilitis, ada beberapa pengobatan rumah yang dapat membantu meredakan gejala sakit tenggorokan. Berikut ini adalah 8 cara perawatan amandel di rumah yang bisa anda lakukan.

  1. Semprotan tenggorokan dan pelega tenggorokan: ini dapat melapisi dan melembabkan tenggorokan, dan banyak yang memiliki anestesi topikal untuk menghilangkan rasa sakit (konsultasikan dengan dokter sebelum memberikan tablet hisap kepada anak kecil; mereka bisa menjadi bahaya tersedak)
  2. Air asin berkumur: ini membantu membersihkan lendir dari tenggorokan
  3. Menghirup minuman hangat seperti teh dengan madu, atau kaldu bisa menenangkan
  4. Makan makanan dingin seperti es krim atau es loli dapat membantu meringankan rasa sakit

Beberapa pengobatan alternatif dapat membantu meringankan gejala tonsilitis.

  1. Slippery elm dalam bentuk permen dapat membantu menghilangkan rasa sakit
  2. Serrapeptase adalah enzim yang memiliki sifat anti-inflamasi dan dapat membantu mengurangi rasa sakit dan membantu menelan
  3. Papain adalah enzim yang dapat membantu mengobati peradangan
  4. Andrographis dapat membantu mengobati demam dan gejala sakit tenggorokan

Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menggunakan pengobatan alternatif apa pun. Banyak dari pengobatan rumahan ini tidak direkomendasikan untuk digunakan pada anak-anak atau remaja, sebagian besar belum dievaluasi secara ilmiah.

Sumber :

https://www.medicinenet.com/adenoids_and_tonsils/article.htm

Artikel Lainnya :

Salep Kutil Wajah Di Apotik

Obat Keputihan Yang Ampuh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Chat Via WhatsApp
%d blogger menyukai ini: